Rabu, 24 September 2014

artikel tentang budaya Blitar



    
     Budaya dan Ciri Khas Blitar


            Blitar adalah Kota kelahiran saya, saya lahir dan besar di kota ini. Blitar juga dikenal dengan sebutan Kota Patria, Kota Lahar dan Kota Proklamator. Kota dimana Soekarno lahir dan di besarkan, sekarang rumah beserta makamnya yang telah menjadi salah satu icon kota Blitar.
           
 Kota Blitar mempunyai sangat banyak potensi baik dari segi kebudayaan, makanan maupun cirri khasnya, mungkin Blitar bukan salah satu kota yang terkenal ataupun kota besar tapi Blitar adalah kota kecil dimana disana terdapat banyak budaya serta adat istiadat yang masih kental dengan adat Jawa. Salah satu budaya yang ada di Blitar adalah budaya upacara grebeg pancasila atau siraman gong kyai mbah pradah. Pelaksanaan upacara adat siraman pusaka ini merupakan bentuk pemeliharaan secara tradisional benda peninggalan nenek moyang yang berupa Gong bernama Kyai Pradah yang artinya Harimau. Acara upacar ini pun juga banyak mengundang antusias masyarakat. Tradisi ini sampai sekarang masih tetap diselenggarakan oleh masyarakat setahun dua kali di Lodoyo, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Hal ini karena masyarakat  percaya bahwa tradisi ini masih bermanfaat dalam kehidupannya.
          
  Selain itu Blitar juga masih mempunyai tempat-tempat wisata yang dapat di kunjungi antara lain, Makam Pahlawan Ir. Soekarno, perpustakaan Bung Karno,Water Park Sumber Udel, Kebon Rojo, PIPP, Makam Ariyo Blitar, Monumen Blitar dan Ndalem Gebang. Saat ini dari yang saya tahu tampat wisata yang ada di Blitar banyak pengunjungnya apalagi di hari libur, wisatawan yang banyak adalah berkunjung di Makam Bung Karno dan perpustakaan Bung Karno, pada saat HAUL Bung Karno tempat wisata ini akan di tutup sementara waktu karena ada acara dari keluarga Bung Karno.

            Setelah budaya dan tempat wisata Blitar juga mempunyai makan khas yang enak dan harganya terjangkau, makan yang menjadi makan khas adalah Nasi Pecel, Wajik Kletik, Geti, Kripik Pisang dan masih banyak lainnya.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar